Senin, 13 Desember 2010

Haikk! Haaaaa ikh! Haiiiiii k! (II)

singhhhhhhhh

begitu sampai saya lalu menuju deretan-deretan novel, referensi non bahasa, di bagian sudut mata saya menangkap buku berukuran sedang dengan sampul unik berwarna coklat muda dan biru muda. entah kenapa saya yang bukan tipe pen-judge book from its cover saat itu langsung (sok) tahu kalau buku itu pasti bagus. tanpa babibu saya ambil langsung yakin buku ini lah salah satu buku yang akan saya bawa pulang (pinjam). padahal saya belum mebuka-buka isinya kira kira seperti apa.



HAIKK!
itulah judul buku yang saya temukan tersebut. begitu sampai di rumah (sepulang kerja) saya langsung mulai membaca halaman luar bagian belakang buku. aha ternyata ini buku kumpulan arsitektur muda indonesia yang menuliskan story mereka saat berada di negeri pusat technologi tsb. disusun oleh andra matin, buku ini benar-benar menarik, isinya yang asli ditutur secara keroyokan ala arsitek secara apik menceritakan tentang objek-objek garapan tadao ando -arsitek kenamaan jepun-. saya yang memang suka dengan pelbagai objek (bangunan) yang unik langsung tahu beliau memang seorang yang bertangan dingin dalam mem-planing objek-objek yang menjadi karyanya. buku HAIKK! sendiri tidak melulu menceritakan tentang arsitektur, membacanya seperti mendengarkan cerita campur aduk dari seorang pencinta seni yang membagi pengalaman jalan-jalannya. mulai dari yang penting-penting, semi penting sampai yang gak penting (tapi cukup informatif sih) mulai dari sejarah singkat masuknya arsitektur kontemporer ke jepun, keuletan seorang arsitek besar -tadao ando-, detik-detik yang berarti di kota besar tokyo, shinkansen, bento box dan laptop ibm, sumimasen, sampai rahasia ke-antengan para eksekutif muda di kereta cepat.

disayangkan.
sempat kaget ada kata kurang pantas yang di sampaikan oleh salah satu penulis pada buku tersebut saat membahas dugaan bahwa kaum pria di jepun masih belum begitu rela dengan kesamaan derajat di sana.

--------------wah---pokoknya--untung--dach--ketemu buku haikk--------------
-----BAIK?--HAIKK!

#di atas karya TADAO ANDO